Sunday, January 08, 2017

Liftboat

Liftboat atau self-propelled Jack Up rig pada prinsipnya adalah sama dengan Jack Up rig yang digunakan untuk pengeboran atau well maintenance di laut dangkal. Namun, sesuai sebutannya, rig ini mempunyai propeller (baling-baling) independent yang digunakan untuk pindah lokasi sumur.

Cukup efisien karena tidak butuh lagi beberapa tug boat untuk menarik saat berpindah lokasi sumur. Saat positioning di dekat jacket atau platform pun dapat dilakukan sendiri tentu dengan kondisi cuaca yang aman. 

Liftboat dapat menampung 100 POB termasuk marine crew (struktur seperti kapal pada umumnya) dan drilling crew beserta third party nya. Work scope nya bukan untuk pengeboran sejatinya karena tidak dilengkapi dengan drilling tools seperti pada Jack Up rig. Mereka lebih bekerja ke bagian well maintenance atau well service ataupun logging pada kondisi tertentu.

Deck space nya pun terbatas untuk alat yang diperlukan saja. Pedestal crane pun terbatas radius putarnya dan Safe Working Load (SWL) nya pun disesuaikan dengan kapasitas Liftboat namun tentu mempertimbangkan jarak jangkaunya.

No comments: