Friday, November 20, 2015

Sekilas tentang MFE (Mass Flow Excavation)

Yang ini beda lagi.. namanya MFE (Mass Flow Excavation) buat nggali tanah di dasar laut pake tenaga air yang dikasih tekanan. Kayak alat potong batu granit yang pake air ituh..cuma ini skala besar. 

Ada beberapa operation mode yang dipakai. Bisa pake flow mode untuk kondisi dasar laut yang empuk (pasir, mud) atau pake cutting mode buat yang dasar lautnya keras (batu, sedimen, clay dll).

Bila proses excavation ini sudah selesai, pengambilan citra bawah laut pun dilakukan oleh para geologist untuk melihat secara akurat seberapa dalam seabed yang sudah digali, bagaimana ukuran lebar dan arahnya apakah sesuai dengan yang direncanakan apa tidak. Tidak menutup kemungkinan untuk melakukan excavation lagi apabila target belum tercapai.

Trus ngapain pula dasar laut digali? banyak om...buat naruh kabel optik telkom antar pulau/negara, buat naruh pipa minyak/gas bawah laut, buat naruh kakinya jackup drilling rig, naruh harta karun jg bisa hohoho...yang intinya buat nglindungi suatu instalasi agar ndak dragging karena arus bawah laut, kena trawling nya para nelayan, atau pun dalam sekala kecil kemungkinan kejatuhan jangkar nya kapal yang mau drop anchor. Dan terlebih krn pipa / kabel itu aset yg mesti dilindungi buat sepuluh, belasan bahkan puluhan taun ke depan.

No comments: